Sejarah Desa Sepulu

by 8:01 AM 0 comments


      Sepulu (bahasa Madura ; Sepolo/Sapolo) adalah nama Kecamatan (Kec. Sepulu) juga nama Desa (Ds. Sepulu). Ds. Sepulu ini terletak di pinggiran pantai yang sebelah baratnya berbatasan dengan Ds. Maneron yang masih dalam ruang lingkup kecamatan Sepulu, sebelah selatan berbatasan dengan Ds. Kalabetan, sebelah timur berbatasan dengan Ds Prancak, sedangkan sebelah utara adalah luat lepas. Sebagaimana masyarakat pinggiran pantai, profesi sebagai nelayan menjadi profesi sebagian dari masyarakat disana. Ds. Sepulu menjadi pusat pemerintahan dalam ruang lingkup kecamatan, sehingga kantor kecamatan, kantor polisi, pasar dan pertokohan-pun ada di desa tersebut. 


     Sejarah mengenai Sepulu memang banyak versi, dan apa yang disebutkan di dalam wikipedia merupakan bagian dari versi-versi sejarah yang ada. Namun, cerita yang berkembang dalam masyarakat di lingkungan kecamatan Sepulu sendiri bukan seperti itu. Sepulu dalam bahasa Madura adalah Sapolo/Sepolo, nama untuk menyebut angka sepuluh (10). Untuk pengucapan kata Sapolo atau Sepolo tergantung dari kebiasaan masyarakat masing-masing. Cerita yang berkembang dalam masyarakat disana adalah nama Sepulu diambil dari jumlah santri yang dulu pernah datang ke wilayah tersebut. Konon, ada 10 santri (musyafir) pengelana yang berasal dari arah barat, berjalan di dipinggir pantai dan sesampai di sebuah tempat, kesepuluh santri tersebut kemudian menetap. Nah tempat kesepuluh santri yang menetap itu kemudian di namakan Sepolo, yang selanjutnya dalam bahasa Indonesia disebut Sepulu. Jika kata "Sepulu" mengikuti nama angka 10, maka seharusnya dalam bahasa Indonesia adalah "Sepuluh" (Kec. Sepuluh / Ds. Sepuluh). Namun, jika mengikuti vokal penyebutan dalam bahasa Madura, maka dapat dibenarkan dengan penyebutan "Sepulu". Berasal dari kata "Sepolo" berubah menjadi "Sepulu". Sehingga disebut Kec. Sepulu dan Ds. Sepulu.

indahnuraini

Developer

Cras justo odio, dapibus ac facilisis in, egestas eget quam. Curabitur blandit tempus porttitor. Vivamus sagittis lacus vel augue laoreet rutrum faucibus dolor auctor.

0 comments:

Post a Comment

www.ayeey.com www.resepkuekeringku.com www.desainrumahnya.com www.yayasanbabysitterku.com www.luvne.com www.cicicookies.com www.tipscantiknya.com www.mbepp.com www.kumpulanrumusnya.com www.trikcantik.net