Potensi dan Infrastruktur Desa Sepulu

by 10:49 AM 0 comments




        Padi merupakan satu-satunya tanaman yang menjadi potensi terbesar di desa Sepulu. Masyarakat lebih banyak menanam Padi untuk mengisi sawah mereka dari pada tanamanan yang lain, namun tidak menutup kemungkinan masyarakat juga menanam tanaman yang lain seperti, tebu, jagung, dll dengan catatan hanya sebatas variasi dan mengisi kekosongan saja.         
       Selain Padi potensi utama Desa Sepulu adalah ikan tongkol. Desa Sepulu terletak di area pantai di dekat laut yang mana di perairan tersebut banyak terdapat ikan tongkol. Para nelayan sebagian besar mendapatkan ikan tongkol dengan cara memancing. Selain ikan tongkol ada beberapa tambak udang meski tak sebanyak ikan tongkol. Semua hasil laut maupun hasil tambak sebagian besar di jual di pasar pagi dan pasar sore. 


           Desa sepulu kecamatan sepulu ini berada dipusat kecamatan, jadi desa ini pusatnya berbagai lembaga penting temasuk kantor kecamatan,, kantor polisi, kantor urusan agama, selain yang berhubungan dengan kelembagaan ada juga fasilitas yang berhubugan dengan pasar, disana terdapat pasar pagi, pasar sore, indomaret, alfa mart. Selain yang tertera diatas disana juga ada bank BRI beserta ATMnya, dan juga ada ATM mandiri, dan tentunya sarana peribadatan umat muslim yaitu masjid.


            Sebagai penunjang dalam berbagai sektor di Desa sepulu terdapat beberapa infranstruktur yang bisa dimanfaatkan oleh masyarakat, yang pertama adalah fasilitas penunjang pendidikan. Di desa sepulu ini empat lembaga sekolah dasar yaitu SD N 1, SD N 2, SD N 3, dan ada SD N 4. Selain sekolah dasar ada juga lembaga pendidikan yang lain seperti SMP N sepulu, SMK N sepulu dan juga ada SMA YKHS sepulu. Dari berbagai fasilitas pendidikan yang ada di desa sepulu ini tim KKN 41 sangat berperan aktif dalam pembelajaran disana yaitu ikut mengabdi memberikan pendidikan pada SD N 1 DAN SD N 3 selama dua minggu dan di SMA YKHS ini tim KKN bekerja sama untuk menjalankan program kerja pelatihan desain grafis selama dua minggu.
              Kesehatan menjadi poin yang sangat penting untuk kehidupan masyarakat sepulu, maka dari itu disana juga terdapat fasilitas puskesmas yang selalu melayani sepenuh hati, ada  tiga posyandu dan juga ada poskesdes yang akan membantu pengontrolan kesehatan masyarakat pada tiap detiknya, tim KKN 41 ini juga memiliki peran yang sangat aktif dalam kegiatan posyandu dan kebetulan tim KKN membantu berjalanya acara posyandu sebagai panitia dan juga sebagai pemateri.








indahnuraini

Developer

Cras justo odio, dapibus ac facilisis in, egestas eget quam. Curabitur blandit tempus porttitor. Vivamus sagittis lacus vel augue laoreet rutrum faucibus dolor auctor.

0 comments:

Post a Comment

www.ayeey.com www.resepkuekeringku.com www.desainrumahnya.com www.yayasanbabysitterku.com www.luvne.com www.cicicookies.com www.tipscantiknya.com www.mbepp.com www.kumpulanrumusnya.com www.trikcantik.net