PROGRAM KERJA TIM KKN 41

by 6:33 AM 0 comments
 PROGRAM KERJA UTAMA

- Pelatihan Pembuatan Pupuk Jerami

PROGRAM KERJA PENDAMPING
  1. Pelatihan Desain Grafis 
  2. Pelatihan Pembuatan Seni Kaligrafi Pasir
  3. Pelatihan Pembuatan Krupuk Beras Rasa Ikan Tongkol
  4. Pelaksanaan Lomba Mewarnai Ceria


    PROGRAM KERJA UTAMA


    Pelatihan Pembuatan Pupuk Jerami

                             
                Padi merupakan salah satu komoditas pertanian tanaman pangan, salah satu sampah padi yang belum dimanfaatkan secara optimal dari tanaman padi adalah jerami, jerami juga seringklai tidak terpakai. Jerami padi merupakan bahan organik yang dapat digunakan sebagai bahan media tanam baru, selain itu jerami padi sangat mudah didapatkan. Pemanfaatan  jerami yang suda banyak diterapkan masyarakat yaitu sebagai pakan ternak  akan tetapi pemanfaatan jerami masih langka untuk dijumpai, pupuk yang terbuat dari jerami padi tersebut sangat cocok untuk tanaman holtikultura. Adapun proses pembuatan pupuk jerami yaitu sebagai berikut :


    1.     Sediakan jerami yang sudah diambil dari sawah.
    2.     Jerami yang digunakan yaitu jerami yang sudah benar-benar kering.
    3.    Kemudian potonglah jerami tersebut menjadi potongan kecil, selanjutnya campurkan dedak dan aduk rata bersama potongan jerami yang sudah dicacah.
    4. Setelah tercampur secara merata siramlah campuran tersebut menggunakan EM4 yang sebelumnya sudah dicampur dengan air.
    5.   Lalu aduklah secara merata dengan campuran dedak dan potongan jerami dan jangan terlalu basah.
    6. Langkah selanjutnya adalah penutupan campuran potongan jerami dengan menggunakan terpal, jangan sampai ada ruang udara yang masuk karena akan mempengaruhi hasil akhir pupuk jerami.
    7.    Diamkan endapan pupuk jerami dengan jangka waktu 2 minggu.


                  Kami memilih mengadakan pelatihan pupuk jerami karena Desa Sepulu memiliki potensi yang menonjol di bidang pertanian yaitu padi. Di sepanjang Desa Sepulu terlihat membentang banyak lahan padi yang luas. Hampir di setiap ladang banyak sekali tumpukan-tumpukan jerami kering yang tak terpakai. Padahal Jerami tersebut bisa dimanfaatkan menjadi pupuk yang sangat bermanfaat, ramah lingkungan dan dapat dibuat dengan harga yang sangat terjangkau. Mengingat harga jual pupuk dari tahun ke tahun tidak pernah mengalami penurunan, tapi selalu meningkat. Hal tersebut tentu sangat memberatkan bagi kehidupan masyarakat desa yang berprofesi sebagai petani, khususnya bagi masyarakat menengah ke bawah. Oleh karena itu diharapkan masayarakat Desa Sepulu bisa membuat sendiri pupuk organik dengan cara yang mudah dan harga yang sangat terjangkau melalui pelatihan pembuatan pupuk jerami. Semoga inovasi ini dapat bermanfaat bagi masyarakat Desa Sepulu khususnya bagi para petani.

     

    PROGRAM KERJA PENDAMPING
Pelatihan Desain Grafis




         Desain grafis adalah segala desain yang dibuat oleh komputer atau mesin  dari berbagai jenis program atau aplikasi khusus yang menghasilkan gambar-gambar sesuai dengan kebutuhan. Hasil dari desain grafis sangat banyak dan luas. Misalnya desain baju, desain kaos, desain kartu ucapan, desain kartu nama, desain undangan, desain banner, desain poster, desain cover cd, desain sampul buku, desain bantal, desain motif, desain batik, dan masih sangat banyak beberapa contoh desain grafis lainnya. Namun pada program kerja kami yang berjudul Pelatihan Pembuatan Desain Grafis, produk yang kami trainingkan adalah pembuatan desain baju untuk seragam melalui aplikasi CorelDRAW x4 dan pembuatan desain poster melalui aplikasi Photoshop CS3. Sasaran kami adalah anak SMA YKHS Sepulu jurusan IPA kelas XII. 
       Manfaat dari kegiatan pelatihan pembuatan desain grafis ini yaitu dapat mengembangkan kreatifitas siswa SMA YKHS dalam bidang seni desain grafis desain baju dan desain poster. Setelah pelatihan desain grafis ini, diharapkan siswa dapat menerapkan ilmunya dalam kehidupan sehari-hari. Dalam lingkungan organisasi desain baju dapat digunakan sebagai seragam untuk menunjukkan identitas suatu komunitas atau organisasi. Selain itu desain baju dapat berfungsi untuk menyampaikan pesan, seperti desain kaos atau baju dengan kata-kata tertentu. Siswa juga dapat membuka kerja part time atau usaha kecil setelah lulus sebagai jasa pembuatan desain baju. Pelatihan pembuatan desain poster dapat digunakan untuk menyampaikan pesan baik berupa himbauan, persuasif, dll. Selain itu dengan menguasai desain poster, siswa dapat membuka lapangan usaha sebagai jasa pembuatan desain poster. 

Menjadi desainer grafis adalah sesuatu yang keren dan memiliki banyak peluang kerja. Seorang desainer grafis tentu termasuk orang-orang kreatif dan imajinatif. Seiring canggihnya perkembangan teknologi yang kian masa kian maju, kebutuhan manusia yang tak pernah puas terhadap keindahan bisa terpenuhi. Melalui pelatihan ini, semoga makin banyak ahli desain grafis yang akan menghasilkan berbagai jenis produk grafis dan kian banyak generasi muda yang mampu menciptakan lapangan kerja sendiri secara kreatif, murah, dan briliant, khususnya dari SMA YKHS Desa Sepulu, Kecamatan Sepulu, Kabupaten Bangkalan.

   
Pelatihan Pembuatan Seni Kaligrafi Pasir


 Nah..sobb.. lue tau apa itu seni?.. seni merupakan salah satu karya expresi yang dituangkan dalam suatu media. Kali ini kawan 41 akan membahas seni yang belum banyak menggelutinya yaitu seni lukis menggunakan pasir. Kalian pasti tau sobb pa itu seni lukis pasir?, karya yang dituangkan dalam media pasir untuk menciptakan estetika. Sob pasti lue tau negara kita ininegara maritim atau kelautan yang memiliki banyak pulau. Di pulau tersebut pasti eelu menemukan yang namanya pantai dengan pasir yang beragam seperti saja sob pasir putih, kecoklatan maupun hitam. Sekilas pasir tersebut hanya dimanfaatkan sebagai bahan bangunan maupun sebagai bahan material. Sayang sob, kalu lue cuma bisa manfaatin seperti itu malah dapat merusak ekosistem. Kali ini kawan KKN 41 memiliki progam kerja berupa pemanfaatan pasir yang dijadikan lukisan. Kawan KKN 41 melakukan pelatihan seni lukis menggunakan media pasir. Bahan pasir pun mudah didapat, etts jangan ngambil yang berlebihan tidk baik. Sebelumnya lukisan pasir sudah pernah dibuat oleh tim KKN di pulau Mandangin, Sampang. Berkaca dari tim KKN Mandangin, kawan KKN 41 memanfaatkan sumberdaya yang ada yaitu berupa pasir. Sob pasti mencari-cari dimana Kawan KKN 41 berada. Kawan KKN 41 terletak di desa Sepulu kecamatan Sepulu Kabupaten Bangkalan, tepatnya Kawan KKN berada di daerah pesisir. 
  

Berawal dari survei-survei ternyata banyak pasir yang bagus untuk dimanfaatkan untuk itu tercetusnya ide untuk membuat progam kerja Pelatihan Seni Lukis pasir. Penanggung jawabnya oleh tuan Muhammad Syukron Luthfi dari jurusan Marine Science. Pelatihan seni lukis Kaligrafi menggunakan media pasir di lakukan pada tanggal 24 Juli 2016 dengan sasaran pondok pesantren Salafiah Tanjung. Peserta di buat 5 kelompok yang terdiri dari 3 orang. Eh sob.. elu tau hasilnya? wow amazing luar biasa. Mengapa?, karena target yang dinginkan ternyata tidak sampai lebih cepat diperkirakan. Beberapa kelompok anak santriwati sangat antusias sob. Salah satu dari hasil mereka membuat pelatih terperanga atau terkejut. Hasil sangat memuaskan dan indah. Opps lupa memperkenalkan pelatih, nama pelatih yaitu mas rahman, mas syafi, mas solikin dan mas zul. Mereka pencetus utama ide seni lukis kaligrafi menggunakan media pasir yang berada di pulau Mandangin. Oh ya sob.. mereka berempat  merupakan seniman namun bukan dari jurusan seni melainkan jurusan psikologi.
 
             Kembali ke pelatihan sob...pelatihannya tidak rumit namun butuh keterampilan dan kerapian agar hasil bagus. Beberapa bahan yang digunakan antara lain yaitu triplek, kuas kecil, kuas besar, lem putih/rajawali, pasir, pensil dan clear. Bahan yang digunakan tergolong mudah untuk di dapat sob..so jadi kalo elu bikin kayak bikinan Kawan KKN 41 lue harus rajin belajar..ini  sob..kawan KKN 41 kasih contoh biar elu punya gambaran seperti apa hasilnya...Gimana sob...uda ada pandangan? Nah sana kerjain...see you next time 



Pelatihan Pembuatan Krupuk Beras Rasa Ikan Tongkol


          Kerupuk sudah hampir menjadi menu wajib yang selalu tersedia disetiap rumah, bagi sebagian orang menyantap makanan akan terasa kurang nikmat jika tidak di temani kerupuk . Hal ini tentunya membuat permintaan kerupuk tidak akan pernah surut. Salah satu jenis kerupuk yang cukup di gemari masyarakat diantaranya adalah kerupuk ikan tongkol, tambahan bahan beras pada kerupuk merupakan potensi desa sepulu yaitu beras dan ikan tongkol dengan berbagai rasa yang terdiri dari rasa balado, ayam panggang,  dan sapi panggang. Ikan tongkol memiliki manfaat yang tinggi bagi kesehatan tubuh tidak jauh berbeda dengan manfaat makanan laut jenis lainnya, beberapa diantaranya adalah:



      Menjaga kesehatan mata
kandungan manfaat omega 3 yang terdapat pada ikan tongkol dapat mengurangi resiko AMD(Age Macular Disease) atau jenis penyakit mata yang disebabkan oleh penuaan. Selain itu, kandungan omega 3 ini juga akan menurunkan angka resiko mengalami kerusakan pada mata. 
Dapat mencegah anemia 
Ikan tongkol memiliki kandungan manfaat zat besi alami yang dapat membantu untuk mencegah terserang anemia
Menjaga kesehatan jantung  
Kandungan omega 3 pada ikan tongkol mampu menjaga kesehatan jantung sehingga memperkecil kemungkinan terjadinya serangan jantung. 
Kandungan protein yang tinggi
Protein pada ikan tongkol sering dimanfaatkan sebagai asupan protein yang rendah lemak beberapa manfaat dari protein yang terkandung didalam ikan tongkol:  Meningkatkan masa otot, Menambah daya tahan tubuh, Memperkuat otot, Mengikat lemak, Memberikan energi lebih bagi tubuh.

        Manfaat dari kegiatan pelatihan pembuatan kerupuk beras ikan tongkol yaitu dapat meningkatkan kreatifitas warga desa sepulu dalam hal memanfaatkan ikan tongkol sebagai potensi desa sepulu dan padi di desa sepuluh yang cukup melimpah. beras yang awalnya hanya dijadikan menu makanan pokok sehari-hari kini bisa dikembangkan menjadi produk olahan makanan ringan seperti kerupuk beras ikan tongkol yang telah dipraktikkan oleh ibu-ibu PKK di desa sepulu, mereka mengatakan baru kali ini membuat kerupuk berbahan beras, ini merupakan inovasi baru bagi ibu-ibu untuk membuat kerupuk dirumah. Dalam program kerja pelatihan kerupuk beras ini yang menjadi pemateri yaitu mahasiswa KKN 41 yaitu Kholiyun Lutfiya. 

Alat: Cobek dan ulekan, Dandang, Baskom, nampan, Pisau.
Bahan:
  Ikan tongkol                1
  Tepung tapioka           ¼ kg
  Ketumbar                    secukupnya
  bawang putih              4 siung
  Garam                         secukupnya
  beras /nasi                    1 piring
  Puli/obat kerupuk        1 sendok dicairkan dengan air panas 
   Penyedap rasa             secukupnya


Cara Pembuatan:  

  1. Haluskan bumbu-bumbu yang dibutuhkan (bawang putih, garam, ketumbar dan penyedap rasa) 
  2. Masukkan nasi dan bumbu yang telah dihaluskan campur dan aduk sampai merata setelah tercampur kemudian tambahkan tepung tapioka, kemudian tambahkan ikan tongkol 
  3. Masukkan puli yang telah dicairkan 5 sendok makan kedalam campuran nasi, tepung tapioka, dan bumbu kemudian diulek sampai halus.
  4. Tambahkan air secukupnya  
  5. Setelah adonan halus masukkan kedalam plastik, kemudian kukus adonan selama 30 menit.
  6. Setelah 30 menit, angkat lalu diamkan semalaman agar adonan keras dan mudah di iris  
  7. Iris kerupuk sesuai dengan bentuk yang diinginkan. Kemudian dikeringkan dengan penjemuran dibawah terik matahari



Lomba Mewarnai Anak Ceria 


 

          Setiap individu sangat mendambakan untuk mampu mengembangkan potensi yang dimilikinya. Kemampuan seseorang untuk mengembangkan potensi diri nya secara efektif, sangat tergantung pada motivasi yang dimiliki oleh individu tersebut dan juga dorongan dari orang tuanya atau orang-orang di sekelilingnya.

            Kreatifitas merupakan bakat bawaan dari lahir, akan tetapi orang tua perlu mengetahui cara meningkatkan kreatifitas anak, agarkreatifitas anakdapat terasah sebagai bekal masa depannya. Melatih anak untuk berfikir kreatif juga dapat mengasah kemandirian anak. Arahan dan pengawasan orang tua sangat diperlukan agar tindakan nya selalu dalam koridor yang benar. Di desa sepuluh sendiri terdapat banyak taman kanak-kanak atau lebih tepatnya ada 5 (lima) TK di desa ini, hal ini menunjukkan bahwa sangat banyak anak anak usia 5-7 tahun di desa sepuluh, namun tidak semua taman kanak-kanak (TK) yang ada di desa sepuluh ini mempunyai murid yang banyak, jumlah murid nya cukup beragam ada yang sedikit seperti TK assirodiyah dan TK islam terpadu dimana jumlah muridnya kurang dari 30 anak, lain hal nya dengan TK NU masyitoh yang jumlah muridnya 106 anak

       


         Memasuki bulan agustus, kelompok KKN 41 Universitas Trunojoyo Madura mengadakan lomba mewarnai, yang mana sasaran nya adalah anak-anak TK yang ada di desa sepulu, kelompok KKN 41 mencoba untuk mewadahi anak-anak usia 5-7 tahun untuk mengembangkan potensi dan kreatifitas yang ada dalam dirinya masing-masing melalui lomba mewarnai. Lomba mewarnai memang sengaja diadakan di bulan Agustus, karena sekaligus untuk memperkenalkan bulan kemerdekaan negara Indonesia kepada anak-anak. Selain meningkatkan potensi dan kreatifitas anak-anak, lomba mewarnai ini juga mempunyai tujuan lain seperti halnya, membentuk moral; daya pikir aak (kognitif); dan keterampilan anak (psikomotor), melatih tanggung jawab dan kemandirian dalam mengerjakan sesuatu, dan juga melatih keselarasan motorik; penguatan percaya diri; pengembangan afeksi; dan komunikasi aktif. 



          Nantinya 5 taman kanak-kanak yang ada di desa sepuluh ini akan mengirimkan 5 anak untuk masing-masing TK, sehingga jumlah peserta yang mengikuti kegiatan lomba mewarnai ini ada 25 anak, dari 25 peserta tersebut nantinya akan memperebutkan juara 1, 2, dan 3. Kegiatan ini dilaksanakan di Pendopo UPT Dinas Pendidikan Kecamatan Sepulu, dengan persetujuan dari kepala desa Sepulu dan kepala UPTD pendidikan kecamatan sepulu, masing-masing taman kanak-kanak sangat antusias dalam kegiatan ini, hal ini dibuktikan dengan jumlah peserta yang mengikuti acara ini sesuai dengan ekspektasi yaitu berjumlah 25 orang. 






indahnuraini

Developer

Cras justo odio, dapibus ac facilisis in, egestas eget quam. Curabitur blandit tempus porttitor. Vivamus sagittis lacus vel augue laoreet rutrum faucibus dolor auctor.

0 comments:

Post a Comment

www.ayeey.com www.resepkuekeringku.com www.desainrumahnya.com www.yayasanbabysitterku.com www.luvne.com www.cicicookies.com www.tipscantiknya.com www.mbepp.com www.kumpulanrumusnya.com www.trikcantik.net